Selasa, 12 Maret 2013

Dan Pusdikzi, Kolonel CZI Rido Hermawan,M.Sc “Saya memiliki Standar Ukuran Tertentu Dalam Mendidik Siswa”


Bogor, ASPIRA.
Dengan berdasarkan pengalaman pribadinya dalam menjalankan tugas sebelumnya, Komandan Pusat Pendidikan Zeni (Pusdikzi) Kolonel CZI Rido Hermawan, M.Si memiliki standar khusus dalam meberikan pendidikan dan pelatihan terhadap Tamtama, Bintara maupun perwira Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat  (TNI AD) siswa Pusdikzi. Sehingga dirinya dapat memberikan pemahaman ilmu yang diberikan kepada siswanya dengan luwes pada saat penyampaian dan diterima dengan baik oleh setiap siswa dengan harapan para siswa setelah meyelesaikan pendidikan di Zeni ini mampu memnjalankan tugas dimanapun mereka ditempatkan. Demikian dikatakan pria kelahiran Kabupaten Brebes, Jawa Tengah ini  ketika ditemuai ASPIRA di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.
Dikatakannya pula bahwa pelatihan yang diberikan bukan berarti mendidik pasukan khusus, akan tetapi dia mengharapkan setiap siswanya memiliki kemampuan fisik yang prima ketika mereka melaksanakan tugas terdedan sekalipun. “Sebelum disini (Pusdikzi) saya bertugas di Komando Pasukan Khusus (Kopassus) selama 20 tahun serta di beberapa tempat lainnya hingga sampai di sini, dan bentuk latihan terberat apapun pernah di alaminya. Akan tetapi saya tidak harus menerapkan kepada siswa saya, oleh karenanya saya memiliki standar khsusus dalam memberikan pelatihan dan pendidikan terhadap sisiwa di sini karena apa dan bagaimana membentuk jiwa prajurit yang mampu mengambil keputusan pada situasi mendesak dan bertindak secara tepat”, ujar alumni SMAN 1 Brebes, Jawa Tengah ini.
Dia juga melanjutkan, namun pada prisipnya di Zeni tidak membentuk prajurit untuk bertempur, namun ada beberapa kemampuan Zeni yang angat penting, Seperti Demonisir, Kerusakan, Sabotase dan lain-lain tetapi bukan Direct Action malainkan mendukung kegiatan perang. Dan tugas-tugas pokoknya disini adalah. Pertama, membantu kelangsungan hidup pasukan dalam arti kontruksi, air, dan listrik dan membersihkan lapangan ranjau dan lain-lain. Kedua, memperlancar gerak maju pasukan sendiri seperti membuat alat-alat darurat pada saat menempuh medan yang sulit dijangkau. Dan yang ketiga, menghambat gerak maju musuh. “Beberapa standar kemampuan diatas harus dimiliki siswa sehingga mereka siap dalam melaksanakan tugas dimanapun ditempatkan diseluruh Indonesia”, lanjutnya.
Sementara itu, menanggapi tentang kemajuan kemajuan tekhnologi dewasa ini terhadap kemampuan yang dimiliki TNI AD guna menghadapi kemajuan tekhnologi Negara lain yang lebih canggih dalam berbagai perlengkapan alat perang. Rido mengukapkan, zaman bisa beruba tetapi manusia Indonesia tidak pernah berubah dari sisi kemanusiaan, sisi pengetahuan karena di Zeni ini mendidik dan menbina kepribadian mereka supaya menjadi prajurit yang memiliki ilmu keperwiraan walaupun zamannya sudah beruba itu harus tetap ada dan celakanya TNI  lebih dikenal didunia luar karena berani nekatnya bukan karena memandang canggihnya alat perang. “Dari nekat itulah saya harus mendidik mereka secara Update (terkini) kalau masalah Alusita menjadi metode AD yang harus disesuaikan, saya merasa bangga berada di Pusdikzi saat ini karena pusdikzi ini menjadi pengembang sehingga saya dapat mengimplentasikan semua ilmu yang saya miliki dalam memberikan pembelajaran kepada seluruh siswa. Sehingga siswa selesai melaksanakan pendidikan disini mampu mengembang tugas dalam menghadapi ancaman stabilitas Negara Kesatuan Repiblik Indonesia (NKRI), karena kita tidak tahu persiapan tempur itu kapan, 2 tahun atau 10 tahun kedepan. Karena bagi TNI keadaan damai itu merupakan keadaan siaga sehingga kapanpun Negara mebutuhkan TNI harus siap jika sewaktu-waktu Negara mendapat ancaman, karena ancaman terhadap Negara bisa datang dari mana saja baik dalam keadaan yang kita anggap kondusif maupun darurat”, pungkasnya. (Sumburi)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda Memberikan Komentar Anda mengenai berita yang kami Muat
Untuk lebih lengkapnya silakan mencari Media kami di loper koran terdekat anda